Rabu, 10 Agustus 2011

ternyata ..oo.. ternyata part 1

Hari ini, baru saja saya mengikuti pelatihan P3K, tumben-tumbennya berbau kesehatan. Ya, baru kali ini jadi panitia bidang P3K dan baru kali ini juga mengikuti pelatihan P3K. Ternyata, banyak hal-hal mengenai kesehatan yang sangat simple, namun belum saya ketahui, seperti:

Saya baru tahu nama lain nafas buatan itu resusitasi. Resusitasi merupakan sebuah upaya menyediakan oksigen ke otak, jantung, dan organ-organ vital lainnya melalui sebuah tindakan yang meliputi pemijatan jantung, ya contohnya itu nafas buatan. Resusitasi dilakukan saat seorang korban sudah tidak sadarkan diri. Teorinya: lihat dengar dan rasakan. Lihat dada korban masih melakukan relaksasi dan kontraksi saat bernafas, dengar hembusan nafas dari hidung korban, apakah masih ada, dan rasakan apakah hembusan korban panas atau dingin. Jika hembusan nafas korban dingin, bisa jadi korban hampir tidak tertolong. Resusitasi juga dilakukan dengan hitungan untuk aba-aba menekan dada korban untuk memancing nafasnya, hitungan ini umumnya dilakukan sebanyak 5 hitungan.
"1....., 2......, 3....., 4....., 5......." kurang lebih begitu.

Ada pula beberapa tindakan darurat yang baru saya ketahui:
Asma/ Sesak Nafas
Sebenarnya untuk yang satu ini cukup familiar dengan saya, begitu juga tindakannya. Tindakan darurat untuk orang asma yang sedang kambuh, posisikan duduk tubuh korban, jangan sekali-kali membaringkan korban yang sedang sesak nafas karena dengan membaringkannya justru akan menghambat jalan nafas korban karena pada posisi berbaring, organ-organ pernafasan tidak akan terbuka lebar seperti saat posisi duduk atau berdiri.

Serangan Jantung
Unruk yang satu ini, tindakan daruratnya, posisikan tubuh korban duduk menyender dengan tungkai itekuk mendekati perut. Kenapa serangan jantung sering menyebabkan kematian, salah satu faktornya terjadi akibat pola hidup, contohnya seseorang sehabis olah raga lebih dari 15 menit, melepas dahaga dengan minum air dingin, hal ini sangat tidak dianjurkan karena tubuh yang baru saja olah raga akan memiliki aliran darah yang lancar, ketika air dingin masuk, dari kondisi panas tiba-tiba tubuh mengalami pendinginan mendadak, hal ini dapat menyebabkan tidak lancarnya aliran darah, padahal pada kondisi setelah olah raga aliran darah harusnya sangat lancar sebagai efek dari olah raga. Contoh lain, setelah olah raga lebih dari 15  menit, langsung tidur. Ini juga sangat tidak dianjurkan karena tubuh termasuk organ-organ di dalamnya yang tadinya memanas / bergerak tiba-tiba mengalami pendinginan mendadak dan istirahat mendadak, sesuatu yang mendadak dapat mengakibatkan sebuah hal yang mendadak atau ekstrim pula, salah satunya dapat berakibat kematian. Itulah mengapa penyakit jantung rentan dengan kematian, dan salah satunya disebabkan pola hidup yang kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar