Rabu, 04 Juni 2014

Mewadahi Sekaligus Mendidik

Tulisan ini dibuat di tengah-tengah persiapan sidang skripsi dan deadline pengumpulan tugas akhir mata kuliah anatomi ruang. Tulisan ini juga dibuat dengan berbagai pemikiran dan pemahamanku tentang arsitektur setelah hampir empat tahun berkenalan dengan dunia ini. 

Tugas akhir anatomi ruang ini cukup unik dan menantang sebenarnya. Aku dan teman-teman satu kelas diberikan tugas merancang salah satu bagian ruang dari SLB (Sekolah Luar Biasa). Sekolahnya benar-benar ada dan kami pun harus survey ke lokasi dan melihat langsung keseharian anggota atau penghuni SLB tersebut.

Baiklah, anak-anak yang bersekolah di SLB ini sebagian merupakan anak-anak yang mengidap autisme, sebagian lagi anak-anak tuna grahita, tuna rungu, tuna daksa, dan tuna netra. Di sini, aku tidak akan membicarakan tugasnya ataupun psikologi pengidap kasus-kasus tersebut, melainkan pentingnya mengetahui untuk siapa kita merancang.

Pengidap kasus-kasus tersebut, tidak bisa dipungkiri adanya. Tetap memerlukan perjuangan hidup, keseharian, kehidupan, dan sebagainya. Mendapat tugas ini membuatku berpikir bahwa arsitektur tidak hanya mempelajari orang-orang awam dan kebiasaan orang-orang pada umumnya. Ada yang lain yang juga membutuhkan arsitektur untuk menjalani kebutuhan hidupnya secara lebih baik lagi. 

Pengidap autisme tidak bisa disamakan dengan orang awam, begitu pula pengidap kasus lainnya. Antar kasus pun tidak bisa disamakan. Nah, inilah tantangannya. Dunia itu satu, tapi diisi oleh beragam macam manusia dengan berbagai kebutuhan, baik kebutuhan mayoritas maupun kebutuhan minoritas (yang sering pada umumnya disebut berkebutuhan khusus).

Membuat sebuah desain yang dapat digunakan oleh berbagai macam kalangan bukanlah hal yang mudah. Setiap orang memiliki kebutuhan ruang yang berbeda. Di sisi lain, arsitektur bukanlah hanya sekedar wadah. Arsitektur bukan sekedar tempat biasa yang diisi oleh orang-orang yang beraktivitas semaunya. Arsitektur bisa mendidik melalui ruang-ruang yang terbentuk di dalam dan luarnya. Inilah tantangan sesungguhnya. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, membuat desain untuk berbagai kalangan dan kebutuhan itu tidak mudah dan ditambah membuat desain yang mendidik bagi masing-masing kalangan tidak juga mudah. Walaupun demikian, menurutku itu menyenangkan dan sangat penting. Itulah salah satu peran perancang dan arsitektur. Membuat ruang yang mewadahi sekaligus mendidik. hmm... Semoga aku bisaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar